Tuesday, May 16, 2017

Menengal Virus Ransomware WannaCry dan Cara Mengatasinya

Ransomware adalah bentuk malware yang masuk ke dalam sistem dan mengunci pengguna dengan cara mengenkripsi seluruh file. Enkripsi ini bisa ‘ditebus’ dengan cara mengirimkan sejumlah uang kepada pemilik virus. Varian Wannacry yang tren sejak kemarin ini merupakan bagian dari alat yang dikembangkan oleh NSA (National Security Agency) yang berhasil diretas hacker berkode Shadow Brokers dan kemudian disebarkan melalui github.


Sumber Gambar : WebFree.Id


Pertama kali serangan ini terlihat dialami oleh British National Health Service (NHS) yang mana menjadikan sistem komputer menolak pasien, membatalkan operasi, dan menjadwal ulang janji temu pasien. Dalam beberapa jam sudah terdeteksi 36.000 serangan Wannacry dengan Russia sebagai negara yang paling terkena dampak.

Di Indonesia, berdasarkan laporan yang diterima oleh Kominfo, serangan ditujukan ke Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.  Dengan adanya serangan siber ini kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kehati hatian dalam berinteraksi di dunia siber.

Wannacry menginfeksi sebuah computer dengan meng-enkripsi seluruh file yang ada di komputer tersebut dan dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB bisa melakukan eksekusi perintah lalu menyebar ke computer windows lain pada jaringan yang sama. Semua komputer yang tersambung ke internet yang masih memiliki kelemahan ini apalagi komputer yang berada pada jaringan yang sama memiliki potensi terinfeksi terhadap ancaman Wannacry. Setiap komputer windows yang sudah terinfeksi akan mendapatkan tampilan seperti gambar page di atas.

Dari tampilan diketahui bahwa Wannacry meminta ransom atau dana tebusan agar file file yang dibajak dengan enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bitcoin yang setara dgn 300 dollar amerika. Wannacry memberikan alamat bitcoin untuk pembayarannya. Disamping itu juga memberikan deadline waktu terakhir pembayaran dan waktu dimana denda tebusan bisa naik jika belum dibayar juga.
                                                   

Langkah Antisipasi Pencegahan Serangan Ransomware WannaCry


Ada beberapa cara yang disarankan oleh ahli-ahli IT guna mengatasi penyebaran virus ini.


  • Unduh update terbaru Microsoft, terutama jika kamu saat ini menggunakan Windows XP. Microsoft telah menganalisis ancaman ini dan sudah menyediakan patch untuk menutup celah keamanan yang dieksploit malware ini melalui update terbaru. Kamu bisa mengunduhnya di sini.
  • Install perangkat lunak anti-malware. Pembuat perangkat lunak yang terlebih dahulu berhasil secara spesifik mengembangkan tool untuk menangkal ransomware wannacry adalah ESET. Software anti-malware ESET akan meningkatkan perlindungan dengan menambahkan deteksi terhadap ancaman spesifik seperti Win32/Filecoder.WannaCryptor.D.
  • Waspadai tautan mencurigakan! Jangan sembarangan mengklik tautan yang ada di email mencurigakan atau pesan aneh dari temanmu baik dari Skype, WA, Messenger, atau Instant message app lain.
Sumber : winpoin.com | kominfo.go.id
Previous Post
Next Post

Web Developer | Digital Marketing | Founder Eternysoft [Different Kind Of Digital Media Agency]

Contact me for some awesome project -> www.eternysoft.com

Related Posts

0 comments: