Monday, October 17, 2016

Mengenal Matthew Charles Mullenweg Otak Dibalik Suksesnya WordPress

Kopisneja.comProfile Matt Mullenweg – Tidak terlalu banyak yang perduli dengan tokoh ini, mengingat hanya orang-orang tertentu saja, khususnya mereka yang sudah akrab dengan dunia Programming atau yang berprofesi sebagai Web Developer. Matthew Charles Mullenweg atau yang dikenal dengan Matt Mullenweg lahir 11 Januari 1984 di Houston, Texas, Amerika Serikat, merupakan pengembang sekaligus otak dari lahirnya aplikasi open source populer yang banyak digunakan  untuk membuat sebuah blog atau website yang dikenal dengan nama WordPress.

Matt dewasa menempuh pendidikan SMA dengan jurusan Seni Visual dan Pertunjukkan, sehingga membuatnya mahir dalam memainkan beberapa alat musik, salah satunya saksofon. Dalam sebuah kesempatan Matt pernah berujar “Dengan adanya musik membantuku damai saat berkutat dengan coding,  Aku mendengarkan satu lagu berulang-ulang, hingga seratus kali”. Meskipun tidak dilatar belakangi pendidikan dibidang teknologi komputer & programming, Matt berhasil mendirikan dab mengembangkan aplikasi open source populer yang sudah sangat terkenal WordPress.com dengan plugin andalan Akismet serta bisnis Automattic-nya.
WordPress lahir saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 (bbpress.org)  yang ia gunakan untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya saat itu yang bernama Michel Valdrighi, menghadapi situasi tersbeut Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai muncul ide untuk melanjutkan pengembangan b2 agar sesuai dengan standard web yang seharusnya.
Dengan kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little WordPress diperkenalkan ke umum pertama kali pada tahun 2003. Faktor yang membuat aplikasi open source WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya tampilan tema dan fitur yang menarik faktor lain yang berpengaruh adalah dengan adanya dukungan komunitas yang sudah menggunakan platform tersebut.
Tepat di usianya yang ke 19 tahun , Matt Mullenweg bersama rekan-rekannya berhasil mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari HTML. Setahun berikutnya, WordPress pun meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic yang mana berguna untuk mengirim ping notifikasi kepada search engine blog seperti Technorati. Dan saat ini, Ping-O-Matic telah melayani lebih 1 juta ping tiap harinya.
Dengan Status sebagai mahasiswa Drop Out (DO) dari kampus, Matt berhasil menjadi pengusaha muda yang sukses dan kaya raya. Dengan kekayaan dan Ilmu yang yang di miliki pada tahun 2007 Matt pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Teknologi” oleh PC World.
Previous Post
Next Post

Web Developer | Digital Marketing | Founder Eternysoft [Different Kind Of Digital Media Agency]

Contact me for some awesome project -> www.eternysoft.com

Related Posts

0 comments: