Monday, April 18, 2016

Pengertian ERD (Entity Relationship Diagram) Menurut Pakar dan Ahli

Menurut salah satu para ahli, Brady dan Loonam (2010), Entity Relationship diagram (ERD) merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi, biasanya oleh System Analys dalam tahap analisis persyaratan proyek pengembangan system. Sementara seolah-olah teknik diagram atau alat peraga memberikan dasar untuk desain database relasional yang mendasari sistem informasi yang dikembangkan.  Berikutt beberapa referensi pengertian ERD menurut ahli dan pakar.

pengertian ERD menurut ahli dan pakar
Sumber Gambar : Youtube

ERD bersama-sama dengan detail pendukung merupakan model data yang pada gilirannya digunakan sebagai spesifikasi untuk database. Entitas adalah objek dalam dunia nyata yang dapat dibedakan dengan objek lain, sebagai contoh mahasiswa,dosen,departemen. Entitias terdiri atas beberapa Atribut sebagai contoh Atribut dari entitas mahasiswa adalah nim,nama,alamat,email, dll.

Atribut nim merupakan unik untuk mengidentifikasikan / membedakan mahasiswa yg satu dengan yg lainnya. Pada setiap entitas harus memiliki 1 Atribut unik atau yang disebut dengan primary Key.
Atribut adalah Setiap entitas pasti mempunyai elemen yang disebut Atribut yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari Atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. Gambar Atribut diwakili oleh simbol elips.

Baca Juga : Pengetian E-Commerce Menurut Para Pakar


Jenis - jenis Atribut dalam ERD (Entity Relationship Diagram)

1) Identifier (Key) digunakan untuk menentukan suatuentity  secara unik (primary Key).
2) Descriptor (nonKey attribute) digunakan untuk menspesifikasikan karakteristik dari suatu entity yang tidak unik.

Relasi adalah hubungan antara beberapa entitas. sebagai contoh relasi antar mahaiswa dengan mata kuliah dimana setiap mahasiswa bisa mengambil beberapa mata kuliah dan setiap mata kuliah bisa diambil oleh lebih dari 1 mahasiswa. relasi tersebut memiliki hubungan banyak ke banyak.

Contoh - Contoh ERD (Entity Relationship Diagram)

Kardinalitasmenyatakan jumlah himpunan relasi antar entitias. pemetaan kardiniliat terdiri dari :
1) One-to-One :sebuah entitas pada A berhubungan dengan entitas B paling banyak contoh diatas relasi pegawai dan departemen dimana setiap pegawai hanya bekerja pada 1 departemen.
2) One-to-Many : sebuah entitas pada A berhubungan dengan entitas B lebih dari satu contoh diatas adalah 1 depertemen memiliki banyak pegawai.
3) Many-to-Many : sebuah entitas pada A berhubungan dengan entitas B lebih dari satu dan B berhubungan dengan A lebih dari satu jugan contoh diatas adalah relasi mahasiswa dengan mata kuliah.

Metode/tahap untuk  ERD (Entity Relationship Diagram)

1) Menentukan Entitas
2) Menentukan Relasi
3) Menggambar ERD sementara
4) Mengisi Kardinalitas
5) Menentukan Kunci Utama
6) Menggambar ERD berdasarKey
7) Menentukan Atribut
8) Memetakan Atribut

Daftar Pustaka : Brady dan  Loonam J.2010. Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Qualitative Research in Organization And Management.
Previous Post
Next Post

Web Developer | Digital Marketing | Founder Eternysoft [Different Kind Of Digital Media Agency]

Contact me for some awesome project -> www.eternysoft.com

Related Posts

0 comments: