Sunday, June 7, 2015

Cara Instal WordPress Di Localhost Dengan XAMPP

WordPress merupakan sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dewasa ini WordPress tidak hanya di gunakan sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena fitur yang ada didalamnya memungkinkan untuk di modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Pelajari bagaimana cara instal WordPress di localhost dengan XAMPP


Sumber Gambar : unlimited stock



WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, WordPress semakin dikenal karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak ini. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.


Cara Instal WordPress di Localhost dengan XAMPP


Dalam proses instalasi ini Anda membutuhkan dua software yang harus sudah di instal di komputer. Software ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan gratis. Untuk mendapatkan XAMPP Anda dapat mengunjungi situs resmi Apache Friends, dan silahkan download dengan menyesuiakan versi operating system yang Anda miliki.





Setelah selesai di konfigurasi Anda harus membuat database untuk wordpress yang dibutuhkan untuk konfigurasi selanjutnya, silahkan ketikkan http://localhost/phpmyadmin/ pada browser. Pada menu Database, silahkan masukkan nama database yang diinginkan, kemudian klik Create.



Selanjutnya buat user untuk database yang baru saja Anda buat. Silahkan masuk ke database yang sudah dibuat, Anda bisa menemukannya di panel sebelah kiri. Klik menu Privileges. Kemudian klik Add user.



Silahkan isikan username, host, gunakan use text field saja, lalu isikan dengan localhost. Selanjutnya isikan password, terakhir, centang grant all privileges on database.




Baca Juga : Cara Install Dan Setup Plugin WordPress SEO Yoast


Selanjutnya silahkan download WordPress terbaru di situs resmi WordPress, setelah selesai download silahkan ekstrak dan copy file wordspress yang Anda ke server local yang sudah di buat sebelumnya, dalam studi kasus ini XAMPP, dengan cara buka folder XAMPP di komputer Anda, kemudian pilih folder htdocs. paste-kan file WordPress ke dalam folder ini. Seperti terlihat di gambar di bawah ini yang diberi nama belajar_wordppress.



Untuk konfigurasi selanjutnya silahkan ketikkan http://localhost/nama_folder yang Anda buat di adress bar url browser Anda. Dalam case ini diberi nama belajar_wordppress sehingga defaul url nya menjadi http://localhost/belajar_wordppress . Kemudian klik lets go seperti tammpilan di bawah ini.


Silahkan isikan nama database, user name, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Pada bagian Database Host isikan dengan localhost saja kemuadian klik Submit.


Kemudian klik Run Install


Isikan data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website dan sebagainya. Setelah itu klik install wordpress.



Selamat! WordPress offline Anda sudah berhasil di instal, silahkan akses url wopress Anda di localhost/namawordpressanda/wp-admin untuk login dan konfigurasi plugin dan konten. Demikianlah langkah-langkah cara menginstal WordPress di localhost dengan XAMPP. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Previous Post
Next Post

Web Developer | Digital Marketing | Founder Eternysoft [Different Kind Of Digital Media Agency]

Contact me for some awesome project -> www.eternysoft.com

Related Posts

0 comments: